mural
homeforward
Yuk, Berkenalan dengan Sistem Transportasi di Singapura

Yuk, Berkenalan dengan Sistem Transportasi di Singapura

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Singapura, pasti setuju bahwa sistem transportasi di negara ini terbilang tak hanya teratur dan efisien, namun juga sangat nyaman. Sistem transportasi di Singapura semuanya saling terintegrasi, mudah dipahami, dan terjangkau.

Lalu, apa saja alat transportasi yang tersedia di Negari Singa ini? Apakah terdapat tips khusus bagi pelajar dan mahasiswa internasional ataupun ekspatriat?

Baca Juga: Sewa Apartemen di Singapura atau Rumah: Pilih Mana?

Apa Saja Sistem Transportasi di Singapura?

pilihan moda transportasi di singapura

Sumber: Freepik

Kamu akan menemukan bahwa Singapura merupakan kota yang sangat terhubung dengan baik. Tak heran jika moda transportasi umum di sini terkenal mudah digunakan, aman, bersih, dan terjangkau.

1. MRT

Ingin cara tercepat berkeliling negara ini? Gunakan sistem Mass Rapid Transit (MRT) – jaringan kereta api cepat jenis subway (bergerak di bawah tanah). 

Sangat lekat dengan mobilitas warga lokal, jenis transportasi ini memiliki jaringan rel yang luas, saling terkoneksi dengan sangat baik, memiliki letak-letak strategis, jaminan keamanan dan kebersihan yang sangat baik, dan harga yang terbilang murah.

2. LRT

Pelengkap transportasi khususnya bus, Light Rail Transit (LTR) ini memiliki keterjangkauan rel yang tentu saja tidak seluas MRT. Uniknya, kereta terusan di dalam kota ini dapat beroperasi otomatis bahkan tanpa pengemudi.

3. Bus 

Jika kamu mengetahui rute yang ingin diambil, bus dapat menjadi sistem transportasi di Singapura yang lebih menguntungkan. Apa saja keuntungannya? Letak halte strategis, tarif yang murah, dan kesempatan untuk menikmati pemandangan kota.

Terdapat beberapa bus yang dapat kamu pilih, antara lain Trunk Bus (penghubung antar-wilayah atau antar-kota), Feeder Bus (tujuan ke stasiun MRT/LRT), Bus Tengah Malam, dan Shuttle Bus (bisa untuk keperluan sewa pribadi).

4. Taksi 

Tarif taksi di Singapura dikatakan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan banyak kota besar lainnya di dunia. Selain menghentikan secara langsung di jalan (taksi konvensional), taksi dapat dipesan melalui aplikasi, layanan telepon, dan pesan.

5. Sepeda

Berusaha menjadi kota yang ramah bagi pengendara sepeda, semakin banyak infrastruktur yang dibangun bagi kamu yang ingin menggunakan moda transportasi ini. Sebut saja jalur khusus sepeda, parkir sepeda, jalur untuk penyeberangan, dan landasan dalam bentuk lerek untuk naik turun sepeda di tangga.

Selain jenis transportasi di atas, terdapat beberapa pilihan lain, misalnya kamu juga dapat menyewa mobil atau e-scooter (skuter bertenaga listrik) untuk mobilitas selama di Singapura. 

Tips Berkeliling Singapura untuk Pelajar Internasional

Transfer lebih murah ke luar negeri

Bagi kamu yang menempuh pendidikan atau bekerja di Singapura, semua sistem transportasi di Singapura dapat dibayar dengan menggunakan uang tunai. Meskipun begitu, terdapat beberapa tips yang lebih membantu.

1. Menggunakan Kartu EZ Link atau Nets FlashPay

Kedua kartu ini merupakan kartu andalan – Kartu Pintar Isi Ulang Dewasa yang merupakan kartu penyimpanan dana yang dapat dipakai saat menggunakan transportasi khususnya MRT dan bus umum.

Dibanderol dengan harga tertentu untuk tiap kartu, tarif yang ditawarkan lebih murah dibandingkan jika membayar dengan uang tunai. Kartu ini dapat dibeli atau diisi ulang di Kantor Tiket Transitlink atau toko serba ada.

Baca Juga: Referensi 5 Beasiswa Kuliah di Singapura, Pilih yang Mana?

2. Memanfaatkan SimplyGo

Selain Kartu EZ Link atau Nets FlashPay, kamu juga dapat memanfaatkan moda transportasi di Singapura dengan aplikasi SimplyGo. Ini merupakan metode pembayaran modern contactless yang praktis. Kamu dapat melakukan top-up secara mudah karena sudah terintegrasi dengan ATM atau dompet digital. 

Untuk ini kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan mendaftarkan akun pribadi.

3. Perhatikan biaya tambahan ketika naik taksi

Semua taksi di Singapura aman dan dilengkapi argometer. Namun, terdapat beberapa tambahan biaya yang akan bergantung pada waktu, tempat, jarak, dan perusahaan taksi. 

Jam-jam sibuk, hari libur nasional, atau bahkan hujan juga dapat menjadi faktor biaya tambahan. Ada pula yang disebut Electronic Road Pricing, tarif taksi yang berbeda atau diitambahkan secara otomatis ketika melewati tol jenis ini.

4. Waspada ketika naik sepeda

Jalur peseda di Singapura terhubungan dengan sangat baik. Namun, usahakan memilih area yang lalu lintasnya tidak terlalu padat, waktu yang tidak terlalu sibuk atau lebih tenang, dan selalu waspada.

Kamu dapat menyewa sepeda dari operator berlisensi atau menggunakan aplikasi penyewaan sepeda, seperti SG Bike.

Nah, itulah semua jenis transportasi yang dapat kamu gunakan saat berada di Singapura. Teratur dan sangat terintegrasi, kamu dapat menikmati kenyamanan mobilitas dari stasiun MRT, halte bus, hingga pemberhentian taksi. Tak lupa pula, tarif yang terbilang sangat terjangkau.

Ingin mengirim uang ke anak yang sekolah atau keluarga untuk kebutuhan transportasi di Singapura atau kebutuhan lainnya? Gunakan Flip Globe untuk pengiriman uang yang lebih aman, cepat, dan tanpa biaya tersembunyi. 

Per Juni 2024, kurs 1 SGD adalah sebesar Rp. 12.205,9, dengan biaya transfer ke Singapura via Flip bisa lebih hemat. Tunggu apalagi? Pakai Flip Globe sekarang dan semua transaksi pengiriman uang tujuan Singapura akan diproses real time.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi