mural
homeforward
Berapa Biaya Admin QRIS Setiap Transaksi? Berikut Penjelasannya!

Berapa Biaya Admin QRIS Setiap Transaksi? Berikut Penjelasannya!

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard kini sedang menjadi metode pembayaran nontunai yang banyak digemari masyarakat. Salah satu alasannya karena biaya admin QRIS terhitung murah jika dibandingkan dengan metode serupa lainnya.

Lantas, berapa sih biaya admin yang harus dikeluarkan untuk setiap kali transaksi dengan QRIS? Kenapa juga metode tersebut memiliki biaya admin? Jika penasaran dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak uraian berikut ini hingga selesai!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 9 Keuntungan Pakai QRIS All Payment untuk Usaha

Kenapa QRIS Ada Biaya Adminnya?

berapa biaya admin dari Flip

Sumber: Detik Finance

QRIS pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 oleh Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia). Awalnya, tidak ada biaya admin QRIS yang dibebankan kepada pengguna ketika melakukan transaksi.

Namun seiring berjalannya waktu, pada tahun 2023 akhirnya dikeluarkan aturan terkait biaya admin ketika seseorang melakukan pembayaran dengan QRIS. Besarannya beragam, bergantung pada penyedia layanan pembayaran, nominal transaksi, dan lainnya.

Secara umum, penetapan kebijakan ini tidak lepas dari berbagai faktor. Salah satunya adalah untuk mempertajam strategi BI terkait digitalisasi sistem pembayaran.

Di samping itu, penetapan biaya admin transaksi QRIS juga dilakukan sebagai upaya memperluas inklusi keuangan dan ekonomi digital. Hal ini diwujudkan melalui penguatan kebijakan MDR atau Merchant Discount Rate dari QRIS segmen usaha mikro.

Skema Besaran Biaya Admin QRIS

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besaran biaya admin untuk transaksi dengan QRIS berbeda-beda. Untuk memahami perbedaannya, simak uraian mengenai skema besaran biaya admin berikut ini.

Transaksi Reguler

Transaksi reguler dengan QRIS merupakan transaksi paling sederhana. Sebagai contoh, kamu membeli suatu barang di toko, kemudian membayar dengan metode scan QRIS.

Nah, untuk setiap transaksi seperti ini, akan dikenakan biaya admin sebesar 0,7 persen MDR, dari total transaksi yang dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh perhitungan biaya admin berikut ini.

  • Diketahui terjadi transaksi dengan QRIS senilai Rp100 ribu.
  • Maka biaya admin yang harus dibayarkan adalah: 0,7% x Rp100 ribu = Rp700.
  • Sehingga uang bersih yang diterima pedagang/pemilik usaha adalah: Rp100 ribu โ€“ Rp700 = Rp99.300

Transaksi di SPBU

Bayar pakai QRIS Flip

Selanjutnya, transaksi di SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, dikenakan biaya admin QRIS sedikit lebih kecil dibanding transaksi reguler, yaitu 0,4 persen untuk setiap kali transaksi.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh perhitungan biaya admin berikut ini.

  • Diketahui terjadi transaksi dengan QRIS senilai Rp100 ribu.
  • Maka biaya admin yang harus dibayarkan adalah: 0,4% x Rp100 ribu = Rp400.
  • Sehingga uang bersih yang diterima pihak SPBU adalah: Rp100 ribu โ€“ Rp400 = Rp99.600.

Transaksi Bidang Pendidikan

Transaksi bidang pendidikan adalah transaksi yang dilakukan untuk segala kebutuhan pendidikan. Sebagai contoh, kamu ingin membayar uang masuk sekolah, biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), maupun biaya lainnya yang ditujukan kepada institusi pendidikan resmi.

Untuk transaksi seperti ini, maka biaya admin QRIS yang harus dikeluarkan adalah sebesar 0,6 persen per transaksi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh perhitungan biaya admin berikut ini.

  • Diketahui terjadi transaksi dengan QRIS senilai Rp300 ribu.
  • Maka biaya admin yang harus dibayarkan adalah: 0,6% x Rp300 ribu = Rp1.800.
  • Sehingga uang bersih yang diterima pihak institusi pendidikan adalah: Rp300 ribu โ€“ Rp1.800 = Rp298.200.

Baca Juga: Tips Aman Scan QRIS Online agar Transaksi Lancar

Transaksi Organisasi atau Yayasan

Terakhir, untuk transaksi dengan organisasi atau yayasan, maka biaya admin QRIS yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp0 alias tetap gratis.

Syaratnya, organisasi atau yayasan yang dimaksud adalah organisasi atau yayasan sosial resmi, dan tidak boleh atas nama pribadi. Dengan kata lain, transaksi tersebut dilakukan untuk kebutuhan donasi.

Nah, di samping biaya admin, ternyata dalam bertransaksi dengan QRIS juga ada biaya lain yang disebut settlement fee.

Biaya ini adalah biaya tambahan yang dikenakan pada setiap transaksi di luar biaya admin QRIS. Besarannya juga beragam, bergantung pada penyedia layanan pembayaran yang digunakan. Umumnya, sekitar Rp2 ribu hingga Rp3 ribu per settlement.

Itulah ulasan mengenai jumlah biaya admin yang harus dikeluarkan untuk setiap kali transaksi menggunakan QRIS, sekaligus penjelasan mengapa biaya tersebut diperlukan. Intinya, QRIS memang mematok tarif untuk biaya admin, tetapi jumlahnya berbeda-beda untuk setiap kebutuhan.

Nah, kalau kamu ingin transfer atau pembayaran dengan biaya admin rendah, Flip adalah solusinya. Meski untuk kebutuhan yang sedikit berbeda, tetapi Flip adalah aplikasi yang akan membantumu menghindari biaya admin saat bertransaksi.

Misalnya, ketika ingin kirim uang antarbankโ€”yang biasanya ada biaya adminnya, dengan Flip kamu bisa melakukan transaksi tersebut secara gratis. Caranya cukup mudah, yang penting kamu sudah memiliki aplikasi Flip di smartphone.

Jika belum, kamu bisa segera mengunduhnya melalui Play Store bagi pengguna android, dan di App Store bagi pengguna iPhone. Tenang, aplikasi ini gratis, jadi tidak perlu ragu untuk mengunduhnya. Apalagi, sekarang juga sudah ada fitur QRIS yang bakal memudahkan kamu jika ingin bertransaksi dengan QRIS di berbagai merchant.

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi