mural
homeforward
Apakah Rontgen Ditanggung BPJS? Cari Tahu di Sini!

Apakah Rontgen Ditanggung BPJS? Cari Tahu di Sini!

Sebagai program jaminan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan akses terhadap berbagai layanan medis, termasuk pemeriksaan dan pengobatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama.

Salah satu layanan medis yang sering dibutuhkan adalah rontgen—suatu metode diagnostik yang penting untuk mendiagnosis berbagai kondisi kesehatan, mulai dari patah tulang hingga penyakit paru-paru. 

Namun, muncul pertanyaan yang sering ditanyakan, apakah rontgen ditanggung BPJS Kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Syarat dan Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Mandiri, Tidak Sulit!

Apakah Ronggen Ditanggung BPJS Kesehatan?

proses rontgen di rumah sakit.jpg

Sumber: Envato

Kabar baiknya, rontgen termasuk dalam layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tetapi tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jadi, BPJS Kesehatan akan menanggung biaya rontgen asalkan sesuai dengan indikasi medis yang diberikan oleh dokter. 

Ini artinya, rontgen harus dianggap perlu secara medis, bukan atas permintaan pribadi pasien tanpa alasan kesehatan yang jelas. Apabila ingin melakukan rontgen atas kehendak personal, sebaiknya kamu tidak menggunakan BPJS Kesehatan dan melakukan transaksi secara mandiri.

Adapun, syarat dan ketentuan untuk bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk prosedur rontgen, peserta BPJS Kesehatan harus terlebih dahulu mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), seperti puskesmas atau klinik, kecuali dalam keadaan darurat.

Layanan rontgen yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan meliputi berbagai jenis rontgen. Beberapa di antaranya adalah rontgen area dada, tulang, atau organ tubuh lain yang diperlukan untuk diagnosis suatu kondisi kesehatan. Prosedur ini biasanya dilakukan di rumah sakit atau laboratorium radiologi yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Sebelum melakukan booking rontgen di rumah sakit maupun laboratorium, pastikan kalau fasilitas kesehatan tersebut merupakan mitra BPJS Kesehatan. Dengan begitu, seluruh biaya rontgen bisa ditanggung sepenuhnya oleh BPJS tanpa ada biaya tambahan yang harus dibayarkan secara mandiri oleh pasien.

Cara Memakai BPJS untuk Rontgen 

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Jadi, kamu sudah tahu jawaban dari pertanyaan apakah rontgen ditanggung BPJS? Nah, supaya bisa memanfaatkan kemudahan ini, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara memakai BPJS Kesehatan untuk melakukan rontgen. Berikut langkah-langkahnya: 

Kecuali dalam kondisi darurat, pasien harus berkunjung terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang terdaftar sebagai tempat mereka menerima layanan BPJS. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan awal dan memberi rujukan jika memang diperlukan pemeriksaan lanjutan, termasuk rontgen.

Setelah mendapatkan rujukan, pasien bisa melanjutkan dengan mengunjungi rumah sakit atau laboratorium radiologi yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sering kali, dokter akan memberikan rekomendasi rumah sakit atau laboratorium rekanan. Lalu, peserta harus menunjukkan kartu BPJS dan rujukan dari dokter untuk dapat memproses layanan di fasilitas kesehatan yang dipilih. 

Sebelum melakukan rontgen, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan tidak ada kendala administrasi. Layanan rontgen akan dilakukan sesuai prosedur dan peserta tidak perlu membayar biaya tambahan, selama semua ketentuan terpenuhi.

Bayar BPJS Kesehatan di Flip

rontgen ditanggung bpjs.jpg

Sumber: Envato

Jadi, apakah rontgen ditanggung BPJS? Jawabannya ya, tetapi sesuai dengan kondisi dan ketentuan yang berlaku. Namun, sebelum menggunakan layanan BPJS Kesehatan, pastikan kamu sudah membayar iuran bulanannya tepat waktu. 

Sekarang, membayar iuran BPJS Kesehatan makin mudah dengan bantuan berbagai aplikasi keuangan, salah satunya Flip. Aplikasi Flip tidak hanya melayani transfer uang bebas biaya admin, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi satu ini untuk membayar listrik atau mengisi pulsa, beli paket data dan pulsa ponsel, membayar tagihan televisi dan telepon, kartu kredit, angsuran kredit, dan bayar iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Nggak Ribet, Ini Kelebihan dan Cara Menggunakan BPJS Kesehatan

Menariknya lagi, bayar iuran BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Flip tak hanya lebih mudah dan praktis, tetapi lebih hemat karena biayanya sangat terjangkau. Berikut adalah langkah-langkah membayar BPJS Kesehatan melalui Flip:

  1. Unduh dan buat akun di Flip. Pertama-tama, unduh aplikasi Flip dari App Store atau Google Play dan buat akun baru. Pastikan untuk mengisi data dengan benar dan lengkap.
  2. Masukkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan kamu pada kolom yang tersedia.
  3. Lalu, pilih periode tagihan. Kamu dapat membayarkan setiap bulan hingga 12 bulan berikutnya tanpa adanya kelipatan biaya admin. 
  4. Jumlah tagihan akan muncul pada layar, kamu bisa melanjutkan dengan memilih metode pembayaran. Bisa melalui transfer, virtual akun, atau menggunakan saldo Flip. 

Jika sudah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi dengan klik Saya Sudah Transfer. Jadi, Flip bisa segera memproses tagihanmu. Apabila kamu mengisi alamat email yang aktif, tagihan akan dikirimkan melalui email tersebut, menjadi bukti bahwa kamu sudah melakukan pembayaran. 

Bagaimana? Bayar iuran BPJS Kesehatan dari Flip sangat mudah dan praktis, bukan? Jadi, pastikan kamu sudah melakukan pembayaran tepat pada waktunya, ya! Sebab, terlambat membayar iuran bisa membuat kepesertaan kamu dinonaktifkan sehingga kamu akan kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan saat diperlukan.

Bahkan, kamu juga berpotensi terkena denda, yang membuat pengeluaran menjadi lebih ekstra. Agar lebih mudah, praktis, dan nyaman, pastikan bayar BPJS Kesehatan pakai Flip, ya! Yuk, download Flip sekarang!

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi